Manfaat Kedelai Untuk Kesehatan

Kedelai atau Glycine Max termasuk salah satu jenis polong – polongan yang paling banyak dikonsumsi. Ini karena kacang – kacangan tersebut bisa diolah menjadi sejumlah pangan seperti tempe, kecap, tahu, terigu dan susu.

Kandungan vitamin dalam kedelai ini juga cukup banyak, seperti vitamin B6, vitamin K, folat, riboflavin, vitamin C dan vitamin B6. Selain itu, kedelai juga mengandung sejumlah mineral yang terdiri dari fosfat, kalsium, zat besi, potassium serta mangan.

Kedelai memiliki sejumlah kandungan nutrisi sehingga tidak heran jika terdapat banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, seperti

▲ Menjaga Kesehatan Jantung

Seperti yang diketahui bahwa kedelai adalah sumber lemak tak jenuh yang bisa membantu dalam menurunkan kadar kolesterol. Ini yang memungkinkan kita agar mencegah kondisi seperti aterosklerosis yang mana dapat memicu timbulnya stroke serta penyakit jantung.

▲ Meningkatkan Fungsi Metabolisme

Kedelai adalah salah satu penghasil protein yang cukup besar. Saat kita memiliki protein yang cukup dalam tubuh maka fungsi metabolisme dan sistem organ tubuh juga dapat berfungsi dengan baik. Untuk protein tersebut berguna dalam membangun sel serta pembuluh darah yang terdapat dalam tubuh.

▲ Mencegah Kanker

Kandungan antioksidan yang cukup tinggi pada kedelai dapat membantu dalam mencegah timbulnya sejumlah jenis kanker dalam tubuh. Antioksidan tersebut berfungsi untuk menstabilkan radikal bebas yang termasuk kedalam produk sampingan berbahaya bagi metabolisme sel yang mana radikal bebas tersebut bisa mengubah sel sehat menjadi sel kanker yang cukup mematikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *