Langkah dalam penyembuhan Patah Tulang Tangan

Dalam proses penanganan patah tulang pada tangan harus dilakukan dengan benar akan bisa membuat lebih cepat sembuh dan agar tidak terjadinya komplikasi. Dengan begitu kita harus tahu langkah-langkah dalam pertolongan pertama pada saat mengalami cedera patah tulang dan langkah dalam penyebuhan dengan beberapa cara.

Cedera patah tulang pada tangan bisa saja terjadi pada tulang yang ada di tangan. Hantaman keras ataupun benturan yang sangat keras pada tangan menjadi salah satu penyebab utamanya patah tulang tangan. Seperti contohnya cedera yang diakibatkan dari olahraga, kecelakaan lalu lintas, ataupun bisa diakibatkan terjatuh dari atas ketinggian.

Pertolongan pertama yang bisa dilakukan pada patah tulang tangan ketika di sekitaran anda ataupun orang lain seperti sebagai berikut:

– Jika merasakan nyeri yang berat, makan akan harus mengkonsumsi obat pereda rasa nyeri, seperti paracetamol atau ibuprofen yang dapat digunakan sesuai petunjuk dari obat tersebut.

– Kompreslah dengan es batu yang telah dibalut yang dicurigai patah agar bisa meredakan bengkak dan rasa sakitnya.

– Jangan pernah meluruskan pada tangan yang dicurigai patah dan diharuskan untuk membatasi gerakan pada tangan yang cedera tersebut.

Beberapa hal yang bisa kalian gunakan untuk melakukan pertolongan pertama dan secepatnya harus mencari bantuan medis yang terdekat untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Prosedur dalam penanganan patah tulang juga dibagikan menjadi dua pilihan yakni prosedur pembedahan dan prosedur non-bedah. Kedua pilihan tersebut tergantung dengan tingkat keparahan patah tulang dan letak tulang yang patah yang didapatkan oleh pasien tersebut.

1. Prosedur bedah

Prosedur pembedahan merupakan metode yang digunakan jika patah tulang tangan tersebut adanya rusak pada jarigan atau struktur yang lain pada sekitarnya, seperti pembuluh darah, saraf, ligamen, tendon, dan juga otot.

Prosedur pembedahan dilaksanakan untuk dapat mengembalikan posisi tulang tangan yang mengalami patah agar bisa kembali ke posisi normal dan sejajar. Pada biasanya metode tersebut menggunakan beberapa perangkat seperti sekrup, rod, pelat, pen atau juga logam khusus.

Pada masa masa pemulihan juga harus mengunakan metode fisioterapi untuk kembalikan fungsi tangan seperti normal kembali.

2. Prosedur non-bedah

Prosedur non-bedah adalah metode yang digunakan jika patah tulang tangan yang tidak terlalu parah. Dokter biasanya berupa meluruskan tulang kembali normal dengan cara yang sering disebut reduksi tertutup. Dan biasanya dikuti dengan menggunakan gips.

Gips inibisanya dipasang selama 4-7 minggu. Dan akan harus cek berskala untuk memastikan kondisi tulang tangan patah tersebut hingga pulih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *